Thursday, 25-10-2018

Kenapa Harus Pakai Kemasan yang Benar?

Kemasan memiliki peran yang berhubungan dengan konsumen, dimana konsumen sebagai pengguna mengharuskan produk yang dibeli terjaga kualitasnya. Berikut fungsi dari kemasan:

1. Fungsi Perlindungan

Kemasan berfungsi melindungi produk yang dikemasnya dari berbagai ancaman seperti jika produk mudah rusak karena benturan, maka kemasan harus melindungi dari benturan. Jika produk mudah rusak karena sinar matahari, maka kemasan harus melindunginya dari sinar matahari. Jika produk mudah rusak karena uap air, maka kemasan harus melindungi dari uap air, begitu seterusnya. Contoh-contoh tadi adalah perlindungan kemasan terhadap kerusakan dari luar. Di sisi sebaliknya, kemasan juga harus bisa melindungi produk dari kehilangan kualitas di dalam kemasan.

2. Fungsi sebagai Wadah

Fungsi lain kemasan adalah sebagai wadah atau tempat untuk produknya. Kemasan berfungsi memudahkan konsumen membawa, menyimpan, dan menggunakan produk. Pada fungsi ini fokus pada kemudahan konsumen sehingga harus memahami kebutuhan konsumen dalam penggunaan produk.

3. Fungsi Promosi

Kemasan harus bisa merebut perhatian konsumen lewat bentuk dan dekorasi kemasan yang melekat pada kemasan itu sendiri. Membuat konsumen tertarik menoleh pada kemasan, untuk kemudian tertarik ingin mengetahui lebih jauh pesan apa yang disampaikan lewat desain kemasan tersebut. Fungsi ini meliputi peran desain kemasan sebagai pembeda dengan produk pesaing, pemberi informasi tentang isi produk, keunggulan produk, manfaat, cara penggunaan, dan berbagai informasi lain yang dibutuhkan konsumen.

 

Dari ketiga fungsi tersebut, fungsi promosi baru bisa berhasil jika fungsi pertama dan kedua sudah berhasil menjalankan tugasnya. Artinya, jika produk sudah terlindung dengan baik, dan kemasan yang digunakan memudahkan konsumen, baru fungsi promosinya menjadi perhatian konsumen. Hal ini karena, sebagus apapun desain kemasannya, sedetail apapun informasi tentang produk yang ada di kemasan, konsumen tetap tidak akan mau membeli produk jika fungsi perlindungan dan fungsi wadahnya gagal. Ini bukan berarti fungsi promosi tidak penting. Justru menjadi sangat penting pada kondisi pasar modern saat ini. Ketiga fungsi tersebut sama pentingnya untuk kesuksesan misi sebuah kemasan. Ketiganya merupakan fungsi-fungsi yang saling melengkapi. Produk yang terlindungi dengan baik sampai ke tangan konsumen, memiliki kemasan yang mudah digunakan, dan didesain dengan tampilan yang menarik dan informatif akan membantu konsumen mengambil keputusan saat harus memilih produk yang mana yang akan dibeli nya.


Sumber: Satriyono, wahyudi, 2017, Mantra Kemasan Juara, Kompas Gramedia.

-rnt


< Back

KPACK

K Pack adalah kemasan yang sudah lulus sertifikasi HALAL, ISO 9001, dan ISO 22000, sehingga setiap produk KPACK dijamin aman untuk makanan.