Friday, 03-05-2019

Rencana Bisnis yang Perlu Dijalankan Oleh Bisnis Kecil

Dalam berbisnis, Anda tentunya harus merencanakan sebuah target untuk mencapai suatu tujuan dalam bisnis. Jika Anda baru memulai bisnis, hal ini harus dilakukan agar Anda mempunyai tujuan tertentu dalam berbisnis. Menetapkan rencana bisnis dan tujuannya merupakan hal yang penting untuk menentukan arah dan perkembangan bisnis Anda. Tanpa tujuan yang pasti, akan sulit bagi Anda untuk menentukan arah bisnis Anda.

Maka dari itu, untuk menentukan tujuan bagi bisnis tidaklah mudah. Diperlukan kerja sama yang solid antar tim sejak awal bisnis didirikan untuk bisa mencapai tujuan dengan rencana bisnis yang sudah dibuat sejak awal.

Kebanyakan bisnis ingin mencapai tujuan angka tertentu dalam bisnisnya, misal pendapatan yang didapatkan per tahunnya. Semakin tinggi standar yang Anda tentukan, tentu semakin sulit untuk meraihnya. Diperlukan kerja keras serta rencana bisnis yang harus dipersiapkan demi mencapai tujuan tersebut.

Begitupun dengan bisnis dengan skala kecil. Walaupun baru memulai bisnis, Anda juga bisa menetapkan tujuan-tujuan yang masih tergolong mudah untuk dicapai, karena tujuan bisnis Anda bukan hanya soal pendapatan, tapi juga sesuatu yang harus Anda penuhi demi perkembangan bisnis. Untuk itu, simak rencana bisnis yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan menurut Moneysmart yang bagi bisnis Anda sebagai berikut:

1. Mulai Buat Tujuan Bisnis

 Rencana bisnis paling awal yang bisa Anda lakukan yaitu membuat tujuan bagi bisnis Anda. Hal yang terkesan sepele ini sebenarnya sangat penting, karena masih banyak pengusaha kecil yang tidak memiliki tujuan bisnis yang rinci dan jelas, sehingga bisnis yang baru mereka bangun mengalami kegagalan. Untuk menghindari kegagalan dalam membangun bisnis, cobalah untuk merencanakan tujuan bisnis yang ingin Anda capai.

Buatlah tujuan bisnis yang mudah, dan sesuai dengan kondisi bisnis Anda. Dengan Adanya tujuan bisnis, Anda bisa membuat strategi berdasarkan tujuan tersebut, budaya yang ingin dibangun dalam perusahaan Anda, serta memberikan informasi tentang latar belakang bisnis.

2. Meningkatkan Keuntungan Secara Perlahan

Siapa yang tidak ingin bisnisnya untung? Pasti Anda ingin bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, saat Anda menjalani bisnis baru, coba untuk menargetkan keuntungan secara realistis untuk dicapai dengan kemampuan bisnis Anda saat ini. Bagi bisnis kecil terutama, pasti keuntungan yang didapat biasanya belum banyak, karena sumber daya yang dimiliki terbatas. Maka dari itu, jangan menargetkan keuntungan terlalu tinggi di awal-awal merintis usaha.

Mulailah dengan mencari cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda secara perlahan. Tetapkan harga jual yang tidak terlalu tinggi sebagai langkah awal untuk membuat calon pembeli mengetahui bisnis yang sedang Anda jalani. Anda juga bisa memberikan penawaran harga yang menarik atau promosi untuk menarik minat calon pembeli.

Jika bisnis Anda sudah mulai dikenal, barulah Anda bisa memikirkan bagaimana cara meraih keuntungan sebesar-besarnya. Tanpa harus menaikkan harga, Anda bisa meningkatkan produksi, sehingga makin banyak orang yang membeli produk Anda, dan keuntungan akan datang dengan sendirinya.

 

3. Lebih Produktif

Saat ini, banyak pengusaha yang baru mengawali bisnis namun memiliki produktivitas yang kurang dalam bisnisnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya fokus yang terbagi menjadi banyak hal antara bisnis, keluarga atau pekerjaan utama. Padahal, meningkatkan produktivitas sangatlah penting untuk mencapai tujuan Anda dalam bisnis.

Jika Anda merasa kurang produktif dalam menjalankan bisnis, cobalah untuk lebih fokus dalam bisnis Anda. Konsekuensi dalam menjalankan bisnis memang Anda harus mengerahkan segala fokus Anda terhadap bisnis. Jika dijalankan setengah-setengah, tentu keberhasilan yang Anda dapatkan nantinya tidak akan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Coba tingkatkan produktivitas Anda dan fokus terhadap bisnis dengan memperbaiki manajemen waktu Anda. Manfaatkan setiap waktu luang yang ada untuk kebutuhan bisnis, dan menyelesaikan setiap pekerjaan dengan penuh komitmen. Anda juga bisa berdiskusi dengan tim Anda untuk tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan dalam bisnis.

4. Memanfaatkan Teknologi Dalam Bisnis

Hal yang satu ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan dalam menjalankan bisnis, apalagi bagi Anda yang sehari-harinya sudah menggunakan teknologi. Tentunya teknologi sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, sehingga Anda dapat memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk mempermudah berjalannya bisnis.

Penggunaan teknologi bagi Anda yang baru saja memulai bisnis bukanlah hal yang sulit. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan teknologi, dibanding menjalankan operasional bisnis secara manual. Selain menghemat biaya produksi, penggunaan teknologi dalam bisnis juga menghemat waktu Anda.

Jika Anda berpikiran bahwa diperlukan biaya yang besar untuk menggunakan teknologi, mungkin Anda salah persepsi. Dengan penggunaan teknologi dalam bisnis yang kian marak, kini Anda tidak perlu merogoh kocek cukup banyak dalam pemanfaatan teknologi. Contohnya, Anda bisa menggunakan YouTube untuk melihat tips-tips bisnis untuk meningkatkan pengetahuan Anda dalam menjalankan bisnis.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pesan singkat untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau karyawan Anda. Biasanya, aplikasi pesan singkat bisa melakukan video call, sehingga jika Anda sedang tidak berada di kantor, Anda bisa menggunakan fitur tersebut saat ada meeting. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan contoh project atau produk bisnis kepada klien. Lewat email, pengiriman menjadi lebih cepat dan efisien.

 

Jika Anda sudah menjalankan rencana bisnis di atas, perlahan-lahan, bisnis kecil Anda pasti siap untuk berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Disinilah saat untuk memikirkan tujuan-tujuan yang lebih besar, seperti keuntungan yang lebih besar, tenaga kerja yang lebih banyak, hingga menggunakan teknologi yang lebih canggih. Meski bisnis Anda sudah berkembang, jangan ragu untuk mengembangkannya lebih besar lagi dengan mengeluarkan lebih banyak biaya. Salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah berjalannya bisnis Anda yaitu dengan menggunakan software akuntansi seperti Jurnal.

Dengan teknologi berbasis cloud, Anda bisa mengakses Jurnal dimana saja dan kapan saja. Selain itu, Jurnal memiliki berbagai macam fitur yang bisa menguntungkan Anda, mulai dari pembuatan laporan keuangan, pembukuan, pembuatan faktur, cash link, hingga manajemen aset yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda dari awal, terutama urusan keuangan pada bisnis.

 

 

Sumber: jurnal.id oleh Natasya Devananda


< Back

KPACK

K Pack adalah kemasan yang sudah lulus sertifikasi HALAL, ISO 9001, dan ISO 22000, sehingga setiap produk KPACK dijamin aman untuk makanan.